Wednesday, March 15, 2017

Tips Diet Aman untuk Penderita Maag

Ingin memulai diet, tapi takut mengalami gangguan lambung? Sakit maag atau dikenal juga sebagai tukak lambung memang membuat penderitanya harus menjaga pola makan secara teratur.



Bagi penderita maag yang ingin diet dapat disiasati dengan memilih menu makan yang sesuai. Sehingga tidak menyebabkan produksi asam lambung meningkat, yang malah akan menyebabkan gangguan kesehatan.

Dilansir dari Boldsky, berikut beberapa tips diet untuk penderita maag.

1. Bawang putih

Bawang putih kaya akan antioksidan, sehingga bermanfaat membangun sistem kekebalan tubuh. Serta membantu penyembuhan tukak lambung dengan cepat. Cincang satu siung bawang putih saat memasak sayuran.

2. Apel

Agar gangguan lambung tidak datang menyerang, salah satu yang bagus dikonsumsi penderita maag adalah apel. Buah kaya serat dan flavonoid ini membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab tukak lambung.

3. Yogurt

Yogurt merupakan salah satu probiotuik yang membantu melawan bakteri penyebab bisul. Begitu pula saat meredakan sakit maag, yogurt membantu membunuh dengan efek samping antibiotik juga.

4. Green tea

Teh hiijau membantu mencegah pertumbuhan bakteri penyebab tukak lambung. Konsumsi dua cangkir teh hijau setiap hari.

5. Hindari makanan pedas

Makanan pedas harus benar-benar dihindari jika kamu memiliki maag. Pasalnya dapat menyebabkan iritasi di sepanjang lapisan perut dan mempengaruhi tukak lambung.

6. Hindari jeruk

Buah jeruk dapat meningkatkan keasaman lambung dan menyebabkan iritasi lambung. Hindari pula lemon dan anggur agar tetap sehat.

7. Hindari daging merah

Daging merah tinggi lemak dan proteiin yang memakan waktu lebih lama untuk dicerna. Menyebabkan produksi asam lambung menjadi berlebihan dan membuat iritasi pada lapisan lambung.

No comments:

Post a Comment